Rabu, 15 April 2015

Penyebab kondensasi ( Rental AC )

     
Untuk merencanakan  Pemasangan AC Portabel salah satu yang perlu menjadi perhitungan adalah  efek adanya  kondensasi pada  pipa atau instalasi AC Floor standing . Mengapa  demikian ?karena  akibat dari kondensasi  tersebut bisa  menyebabkan  tetesan air  pada tembok  atau  plafon. Tentunya kita tidak mau apabila tembok kita atau  plafon ada  tetesan air apalagi berlumut  yang terlihat sepanjang  pipa AC yang ditanam atau di letakkan di atas plafon.



    Mengapa kondensasi   atau pengembunan bisa  terjadi ? Menurut rental ac bekasi kondensasi /pengembunan  bisa terjadi disebabka karena adanya perbedaan ( gap )temperature  yang cukup tinggi  di dalam pipa  dengan suhu ruang.Seperti kita ketahui  udara  banyak sekali mengandung uap air .Uap air ini akan berubah menjadi molekul molekul  air  akibat dari  perubahan  uap air atau  gas menjadi  benda  cair (titik titik air ) pada suhu udara di bawah  titik embun 2 psi.
Beberapa  contoh  terjadinya  proses  kondensasi  paling sederhana  misal nya :
  •        Apabila saat kita  mengendarai mobil  dalam kondisi hujan dan  kaca  tertutup rapat  ac dimatikan maka yang terjadi  adalah kaca  akan berembun ,dan apabila ac di hidupkan maka embun  pelan pelan  akan hilang .
  •        Botol atau gelas di isi dengan air dingin atau es , maka secara pelan permukaan  sisi luar  gelas atau botol  akan muncul titik titik air atau embun.

      Untuk mengurangi  kondensasi  yang perlu dilakukan  adalah memberi  insulasi neoprene (Armaflex) yang bagus pada  pipa ACPortabel.Hal ini supaya perbedaan suhu pipa ac tidak bersinggungan langsung dengan suhu luar. Pemasangan Insulasi harus dilakukan dengan  benar, hindari celah (airgap) antara  pipa  dengan insulasi maka sebaiknya  lilit lagi dengan plastik tape  yang kuat.Selain Insulasi , pada saluran pembuangan air sebaik nya  di buat agak miring kebelakang hal ini untu memastikan air mengalir dengan lancar dan tidak menimbulkan endapan lendir/kotoran yang terperangkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar